Biaya Bimbel Akpol

Biaya Bimbel Akpol sebenarnya sangat variatif, tergantung dari program dan paket belajar yang diikuti oleh peserta bimbingan belajar tersebut. Ada peserta bimbel yang mengikuti program bimbel secara intensif selama 6 bulan dengan memeroleh materi belajar secara komprehensif, dan ada juga peserta bimbel yang hanya mengikuti bimbel singkat selama 2 bulan hanya untuk belajar materi akademis dan psikotes saja. Semua tergantung dari pilihan peserta bimbel. Mengingat mengikuti program dari institusi bimbel persiapan masuk Akpol butuh kesiapan diri, baik secara fisik mapun mental.

Beragam Program Bimbel Masuk Akpol dan Biayanya

Berdasar informasi melalui akun media sosial dan website resmi dari sejumlah institusi bimbel persiapan masuk Akpol atau Bimbel AKPOL, sejumlah paket dan program ditawarkan oleh instiitusi bimbel tersebut, Jadi harga belajar pun bervariasi.

Paket intensif

Untuk paket intensif yang bisa diikuti sekitar 3-4 bulan, peserta bimbel bisa mengikuti materi belajar akademis, yakni belajar pengetahuan umum dari Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia, TOEFL, dan ilmu sosial serta wawasan kebangsaan. Sedangkan materi psikotes juga diperoleh oleh peserta untuk menyiapkan diri terhadap ujian mengenai kepribadian, wawancara, tes pola pikir, dan sebagainya yang biasa keluar pada ujian seleksi masuk Akpol. Untuk program bimbel tersebut, peserta bimbel harus menyiapkan biaya sekitar Rp 6-7 juta.

Paket komprehensif

Sedangkan untuk paket komprehensif, peserta bimbel harus mengikuti pembelajaran selama 5-6 bulan. Materi belajarnya sangat lengkap, yakni mulai dari belajar olahraga fisik, berenang, belajar tulis, wawancara, psikotes, dan sebagainya. Harga program ini lumayan besar, yakni sekitar Rp 35-40 juta.

Biaya Bimbel Akpol bisa menjadi relatif mahal mengingat fasilitasnya juga begitu lengkap guna memenuhi kebutuhan belajar para peserta bimbel. Dari sebuah institusi bimbel persiapan yang terkenal dan sudah memiliki sejumlah cabang bimbel di berbagai kota yang tersebar di Indonesia, intitusi bimbel tersebut sudah menyiapkan sejumlah perlengkapan dan fasilitas belajar, berupa:

  • Keberadaan aplikasi e-learning;
  • Memiliki guru dan pelatih yang profesional dan bersertifikat;
  • Memberikan seragam buat peserta bimbel;
  • Menerapkan Tes Akademik dan Tes Psikologi berbasis CAT, atau tes sesungguhnya;
  • Adanya fasilitas kolam renang dengan standar Tes Masuk Perwira Polri (Polisi);
  • Menerapkan sistem belajar secara spesifik;
  • Adanya Modul Pembelajaran;
  • Memiliki Tutor dan Pembimbing yang terbaik dan berpengalaman dibidangnya;
  • Memberikan paket seragam jersey untuk olahraga buat peserta bimbel;
  • Semua ruang kelas mempunyai pendingin (AC) yang meneduhkan;
  • Kegiatan olahraga dan persiapan fisik di lapangan berstandar Polri;
  • Adanya evaluasi dan monitoring buat semua peserta bimbel, dan bisa dilihat dari handphone berbasis android.

Demikian ulasan mengenai Bimbingan Belajar persiapan masuk menjadi Taruna Akademi Kepolisian atau Akpol, dan berapa Biaya Bimbel Akpol yang harus disiapkan, serta program, materi dan fasilitas yang ada di institusi Akpol  secara umum.