Sekolah kedinasan untuk jurusan IPS

Apa sih sekolah kedinasan yang cocok dan recommended untuk lulusan IPS? Kebanyakan orang menganggap jurusan IPS sering jadi prioritas kedua bagi siswa/I SMA daripada jurusan IPA. Alasannya beragam, seperti prospek kerja luas, peluang universitas lebih tinggi, dan sebagainya. 

Salah satu alasan lainnya adalah IPA lebih terbuka terhadap beragam sekolah kedinasan. Namun, hal itu sebenarnya tidak melulu benar. Sebab, ada beberapa sekolah kedinasan yang menjadi rekomendasi untuk lulusan IPS. Penasaran, kan? Langsung simak poin-poin berikut ini, yuk!

9 Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

Bagi lulusan IPS tidak perlu khawatir dan merasa bingung apakah bisa masuk sekolah kedinasan atau tidak. Sebab, memang banyak sekolah kedinasan yang menerima lulusan jurusan IPS. Berikut merupakan daftar sekolah kedinasan yang menerima lulusan IPS.

1. PKN STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Salah satu sekolah kedinasan populer di Indonesia, yakni STAN. Sekolah kedinasan ini ternyata memperbolehkan lulusan IPS untuk mendaftar. Alasannya, yakni STAN memiliki program studi dengan lingkup ekonomi, seperti ekonomi, akuntansi, dan perpajakan. 

Ditambah, STAN menawarkan prospek karir tinggi bagi mahasiswanya. Setelah lulus STAN, kamu bisa menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang ditempatkan pada instansi keuangan atau perpajakan negara. STAN menawarkan program studi untuk calon mahasiswanya, yakni D4 Manajemen Keuangan Negara, D4 Manajemen Aset Publik, D4 Akuntansi Sektor Publik, D3 Akuntansi, D3 PBB/Penilai, D3 Manajemen Aset, D3 Kebendaharaan Negara, dan D3 Kepabeanan dan Cukai. STAN juga menawarkan program non-reguler (berbayar) untuk beberapa program studi, seperti D4 Akuntansi, D3 Akuntasi dengan Kurikulum Khusus, dan D3 Pajak dengan Kurikulum Khusus. Untuk informasi tentang SPMB STAN 2023,  kamu bisa mengunjungi laman resminya di pknstan.ac.id

2. Politeknik Kesejahteraan Sosial 

Dulunya, POLTEKESOS adalah Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial yang berdiri pada 1964. Sekolah kedinasan ini berada di bawah Kementerian Sosial (Kemensos). Tidak hanya untuk IPA, POLTEKESOS juga terbuka untuk lulusan IPS. Sekolah kedinasan ini menawarkan beberapa program studi, seperti D4 Pekerjaan Sosial, D4 Rehabilitasi Sosial, dan D4 Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial. 

Politeknik Kesejahteraan Sosial terletak di Bandung, tepatnya Jalan Ir. H. Juanda No.367, Kota Bandung, Jawa Barat. Untuk kamu yang tertarik mendaftar POLTEKESOS, kamu bisa mengunjungi laman resminya di poltekesos.ac.id. 

3. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)

Apakah kamu menyukai kegiatan imigrasi? POLTEKIM bisa menjadi tujuan kamu, nih. Kedinasain ini berada di naungan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM). Perlu diketahui, POLTEKIM adalah sekolah kedinasan yang berdiri pada 1962 dan melakukan revitalisasi pada 2000. 

Sekolah kedinasan ini terbuka untuk lulusan IPS. POLTEKIM memiliki program studi, seperti D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, D4 Administrasi Keimigrasian, D4 Hukum Keimigrasian, dan D3 Keimigrasian. Kira-kira kamu mau mendaftar di jurusan apa, nih? Jangan lupa cek persyaratan dan pendaftarannya di laman resmi poltekim.ac.id.

 4. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Salah satu sekolah ikatan dinas yang populer di Indonesia. Banyak lulusan IPS yang mendaftar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) karena beberapa jurusannya yang masih selaras dengan IPS. Ditambah, ada banyak kampus IPDN yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Papua. 

IPDN menawarkan jenjang pendidikan D4 dan S1. Kamu bisa memilih program studi dari beberapa fakultas berikut.

a. Fakultas Politik Pemerintahan

  • Jurusan Kebijakan Publik
  • Jurusan Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat
  • Jurusan Politik Indonesia Terapan

b. Fakultas Manajemen Pemerintahan

  • Jurusan Administrasi Pemerintahan Daerah
  • Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik
  • Jurusan Keuangan Publik
  • Jurusan Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

c. Fakultas Perlindungan Masyarakat

  • Praktik Perpolisian Tata Pamong
  • Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik

Jurusan apa yang kamu incar, nih? Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengecek laman resminya di ipdn.ac.id

5. POLTEKIP (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan) 

Sekolah kedinasan untuk jurusan IPS berikutnya adalah POLTEKIP. Sama seperti POLTEKIM, POLTEKIP adalah sekolah kedinasan yang berada di naungan Kemenkumham. Perbedaannya adalah ilmu dan penerapan Poltekip cenderung terhadap bimbingan masyarakat. 

Poltekip menawarkan program studi, seperti D4 Manajemen Pemasyarakatan, D4 Teknik Pemasyarakatan, dan Bimbingan Kemasyarakatan. Untuk kampusnya, kamu bisa mengunjungi POLTEKIP di Cinere, Depok. Apakah kamu tertarik untuk mendaftar di POLTEKIP?

6. Politeknik Siber dan Sandi Negara

Apakah kamu tidak bisa lepas dengan matematika? Jangan khawatir, kamu bisa memperdalam ilmu matematikamu di Poltek SSN (Politeknik Siber dan Sandi Negara). Pada awalnya, sekolah kedinasan ini bernama Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Meski begitu, kamu tidak bisa lepas dari persaingan oleh siswa/I IPA. Sebab, jurusan-jurusannya memang terkesan untuk IPA karena memahami ilmu statistik dan terapannya. 

Poltek SSN menawarkan program studi, seperti Kriptografi dan Keamanan Siber. Jurusannya memang berada pada lingkup teknologi dan statistik. Maka dari itu, kamu perlu memperdalam ilmu statistik sebelum mendaftar Poltek SSN. 

7. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Jika kamu menyukai pelayaran atau bekerja di pelabuhan, maka kamu bisa mendapatkan pendidikannya di STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran). STIP adalah sekolah kedinasan yang bernaung di Kementerian Perhubungan. Tentunya lulusan IPS bisa mendaftar STIP. 

Seperti universitas umum, STIP menawarkan program studi untuk jurusan IPS, yakni KALK. Jika kamu berada di rumpun Saintek, kamu bisa mendaftar pada program studi Nautika dan Teknika. 

8. Sekolah Tinggi Pariwisata: Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

Apakah kamu suka kegiatan travel? Sekolah Tinggi Pariwisata berada di naungan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparakref). Tentunya sekolah ini didirkan untuk memajukan dan mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah global. 

Berbeda dengan sistem pendaftaran universitas lain, Sekolah Tinggi Pariwisata melakukan seleksi secara serempak dengan nama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Pariwisata (SBMPTNP). Sekolah Tinggi Pariwisata menawarkan program studi, seperti Hospitaliti, Kepariwisataan, dan Perjalanan. Kampus ini tersebar ke beberapa wilayah, seperti Bandung, Bali, Medan, Makassar, Palembang, dan Lombok. 

9. Sekolah Tinggi Transportasi Darat/Politeknik Transportasi Darat

Sekolah kedinasan yang cukup cocok untuk IPS, yaitu Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Sekolah ini berada di naungan Kementerian Perhubungan. Jika kamu ingin mendalami transportasi darat public di Indonesia, maka sekolah ini cocok untukmu. 

Beberapa program studi yang ditawarkan, seperti D4 Transportasi Darat, D3 Manajemen Transportasi Jalan, dan D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian. So, apakah kamu tertarik untuk mendaftar pada sekolah kedinasan ini? 

Itulah beberapa informasi tentang sekolah kedinasan untuk jurusan IPS. Kamu bisa mencatat beberapa pilihan sekolah kedinasan dan jurusan yang akan kamu pilih saat seleksi. Kira-kira kampus dan jurusan apa yang cocok untuk kamu, nih