Cara Mendaftar Kedinasan

Sekolah kedinasan merupakan alternatif pendidikan bagi lulusan SLTA yang tidak berminat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Pada tiap tahunnya, Sekolah Kedinasan di Indonesia membuka peluang bagi yang berminat melanjutkan pendidikan. Berikut kami bagikan cara mendaftar kedinasan.


Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan

Langkah pertama daftar sekolah kedinasan adalah dengan membuat akun SSCASN dengan langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke laman resmi SSCASN hhtps://dikdin.bkn.go.id/
  2. Pilih posi “Daftar” atau “Registrasi”.
  3. Masukkan NIK dan Nomor KK
  4. Masukkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, kabupaten/kota sesuai yang tertera di KTTP/
  5. Kemudian, masukkan kode captcha lalu klik menu “lanjutkan”.
  6. Tunggu sampai muncul formulir pendaftaran Akun SSCASN DIKDIN
  7. Kemudian, lengkapi data diri pada form pendaftaran lalu upload pasfoto yang memiliki latar belakang merah menggunakan format JPG, dengan ukuran minimal 120kb dan maksimal 200 kb
  8. Apabila semua data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik opsi “lanjutkan”
  9. Lalu klik, “proses pendaftaran akun”
  10. Tunggu sampai muncul pemberitahuan lalu klik pada opsi “cetak informasi pendaftaran”
  11. Simpan kartu tersebut


Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke laman resmi SSCASN
  2. Kemudian, pilih menu sekolah kedinasan yang diminati
  3. Login menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya
  4. Lakukan swafoto, kemudian daftar sekolah kedinasan dan jurusan yang diminati, lalu lengkapi formulir
  5. Masukkan nilai rapot sesuai dengan syarat dan ketentuan setiap sekolah dinas
  6. Lengkapi biodata dengan baik dan benar sesuai dengan identitas yang ada
  7. Unggah semua dokumen sesuai yang dipersyaratkan
  8. Lakukan pengecekan kembali melalui fitur “resume”
  9. Apabila data yang diunggah sudah benar, selanjutnya klik “kirim”. Ingat, apabila sudah dikirim, data tidak bisa diubah kembali
  10. Tunggu hasil verifikasi, apabila dinyatakan lolos maka selanjutnya adalah membayar biaya tes seleksi sesuai dengan yang dipersyaratkan
  11. Dapatkan kartu ujian
  12. Ikuti tes seleksi sesuai dengan jadwal masing-masing sekolah dinas
  13. Cek hasil kelulusan seleksi melalui portal resmi masing-masing kedinasan
  14. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus, harap menghubungi sekolah kedinasan yang dituju untuk proses selanjutnya.
  15. Mulai sekolah kedinasan


Setiap sekolah kedinasan yang ada di Indonesia memiliki syarat dan ketentuan serta jadwal seleksi yang berbeda-beda, untuk itu selalu update informasi terbaru masing-masing instansi melalui website resmi mereka.


Demikianlah informasi mengenai cara mendaftar sekolah kedinasan. Apakah anda sudah melakukan persiapan yang matang untuk bersaing masuk ke sekolah kedinasan? Eits jangan khawatir, ikuti bimbel kedinasan terdekat. Bila masing bingung, yuk gabung bersama kami, dijamin langsung lolos dan masa depan cerah.